Mau Ngeblog Masih Bingung, Pakai WordPress atau Blogspot?


WordPress atau Blogspot - Tidak bisa dipungkiri kedua platform blogging ini, menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh para blogger baik pemula maupun profesional. Adakalanya bagi yang baru memulai untuk menulis di blog sedikit kesulitan, platform mana yang harus saya pakai? atau pun dimana saya mulai ngeblog?

Saya tidak akan membicarakan keunggulan maupun kekurangan dari kedua platform blogging tersebut. Saya coba berbagi saja bagi Anda yang memang baru terjun ngeblog dan kesulitan untuk memulainya, karena ketika saya ingin memulai pun sedikit kesulitan juga dimana saya harus ngeblog.

Untuk ngeblog sendiri sudah lama mengenalnya tetapi untuk intensif menulis di blog masih dibilang baru juga, 1,5 tahun mulai aktif kembali blogging di beberapa situs hosted dan non-hosted.

Kalau hosted kedua platform inilah yang saya gunakan dengan banyak blog yang dibuat meskipun hanya beberapa blog saja yang aktif diisi dengan konten. Termasuk yang ini, saya coba aktifkan kembali untuk update dengan konten terbaru dengan judul dan isi konten seingatnya saja hehehe.

Untuk yang non-hosted yang telah saya membangun website menggunakan kedua platform blogging yaitu AFAHRURROJInet, Kebun Ajaib, dan Beat Pad Music. Dan sekarang ini saya bersama salah satu rekan di Blogger Karawang ikut memposting di situs miliknya. Website yang dia miliki ini sudah sesuai dengan niche pasar masing-masing yaitu Begini Ceritanya, Muter Video, dan Visa Umrah.

Dikarenakan banyak waktu luang, jadi tiap hari saya isi dengan memposting artikel di situs-situs di atas ataupun menulis di buku jika sedang merasa jenuh dengan ngeblog seharian. Diselingi dengan membaca buku-buku dan juga membaca artikel-artikel di situs yang lain untuk menambah wawasan lagi.

Kembali lagi dengan platform blogging yang akan dipakai untuk ngeblog. Anda langsung saja kunjungi situsnya di WordPress.com untuk WordPress dan Blogger.com untuk Blogspot.

Silahkan Anda register di platform blogging tersebut untuk membuat blog pertama kalinya. Untuk Blogspot, Anda akan diminta akun gmail karena Blogger.com ini memang telah lama diakuisisi oleh Google. Nanti Anda akan diarahkan jika belum memiliki akun gmail.

Untuk tutorial membuat blog pertama kali di platform blogging akan dibuatkan. Nantikan yah!

Baca juga:

Popular posts from this blog

Apa itu Parfum Laundry

Keuntungan Menggunakan Plafon Gypsum untuk Bangunan atau Rumah

Dengan Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang, Apakah Saya Bisa?