Backlink, Sebuah Padanan Kata yang Awalnya Belum Dimengerti


Pada awalnya saya belum mengerti betul, apa itu backlink? apa sih kegunaan backlink? dipakai buat apa backlink itu? Saat itu pernah ditawarin untuk membuat backlink sekitar tahun 2012, pokoknya kalo bikin backlink sekitar 200 nanti diberi komisi yang cukup lumayan.

Ya pikir-pikir boleh juga sih diterima, cuman yang menjadi masalah adalah belum paham betul backlink itu apa, bagaimana cara buat backlink?

Memang di awal tahun 2011, saya mulai membuka jasa pembuatan desain web bersama saudara saya dan temannya, sekitar bulan maret 2011 tawaran pertama diterima. Alhamdulillah, dalam kurun waktu satu bulan bisa menyelesaikan pekerjaan membuat website meskipun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi.

Seiring berjalan menerima tawaran pembuatan website, teman saudara saya yang mungkin sudah mengerti dengan dunia pemasaran di internet, ada peluang untuk membuka jasa backlink. Dengan bayaran yang sudah ditentukan harus bisa membuat 200 backlink.

Tanpa ada kelanjutan sudah saya anggap angin lalu saja, ternyata setelah terjun ke online marketing di tahun 2014. Sudah mulai paham apa itu backlink dan kegunaannya.

Kalo kita artikan secara sederhana backlink itu merupakan link yang diarahkan kembali ke website kita dengan menggunakan kata kunci yang ditargetkan. Dalam artian kita menanam link di situs orang lain dan link tersebut akan menjadi backlink.

Google sendiri mengartikan bahwa backlink memungkinkan Anda untuk melacak halaman lain di web yang link ke posting Anda. Lenkapnya bisa Anda baca di SINI.

Backlink ini sangat berguna sekali dalam hasil pencarian halaman web Anda di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yandex. Dan ini merupakan bagian penting dalam SEO (Search Engine Optimization).

Tidak serta merta Anda langsung membuat backlink saja, tapi Anda harus mempertimbangkan juga membuat backlink yang berkualitas supaya berpengaruh bagus terhadap peringkat pencarian situs Anda di mesin pencari. Maka diperlukan strategi backlink yang berkualitas, boleh dikatakan mengikuti kaidah SEO yang baik.

Nah, backlink dikenal juga dengan beberapa nama seperti:
  • Incoming Link
  • Inbound Link
  • Inlink
  • Inward Link
Lihat sumbernya di Wikipedia.

Betapa pentingnya backlink di dunia SEO, bagi seorang webmaster ini menjadi salah satu bahan poko dalam tugasnya untuk meraih posisi tertinggi sebuah website di halaman pencari.

Dan untuk mencapai yang diinginkan tidak bisa langsung tercapai dalam hitungan hari, tapi dalam hitungan bulan. Tergantung juga usaha yang kita lakukan dan perlu kesabaran untuk mendapatkan hasilnya.

Terkadang dari kata kunci tertentu sebuah halaman web tidak diperlukan optimasi termasuk menanamkan backlink. Ini karena konten yang dibuat benar-benar original di mata mesin pencari Google.

Seperti halaman web saya dengan kata kunci software ecommerce terbaik.


Dua halaman web yang hampir sama menempati peringkat 1 dan 2 pada halaman satu Google.

Satu lagi dengan kata kunci Strategi bisnis backlink.


Halaman web ini menempati posisi 1 pada halaman satu Google.

Dari ketiga halaman web yang tidak saya optimasi dan hanya sedikit menggunakan inbound link di dalamnya. Mungkin saya lebih mengutamakan konten yang original dalam postingannya.

Supaya Anda bisa mencapai maksimal, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu kata kunci yang ditargetkan atau yang akan dioptimasi melalui Google Adword Keyword Planner.


Silahkan Anda lalukan riset semaksimal mungkin untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk diterapkan pada posting artikel di website Anda. Layanan Google ini sepenuhnya gratis untuk Anda gunakan.

Itulah sekilas share saya tentang " Backlink, Sebuah Padanan Kata yang Awalnya Belum Dimengerti".

Popular posts from this blog

Apa itu Parfum Laundry

Keuntungan Menggunakan Plafon Gypsum untuk Bangunan atau Rumah

Dengan Ngeblog Bisa Menghasilkan Uang, Apakah Saya Bisa?