Pilihan Saya Sebagai Blogger, Desainer Web atau Internet Marketer


Freelance, satu kata inilah yang saya pilih untuk mulai terjun secara penuh setelah sekian lama sebagai pekerja buruh di salah satu perusahaan swasta. Apakah saya memilih sebagai seorang Blogger, Desainer Web atau Internet Marketer?

Bisa dibilang pengangguran juga memang iya kalau tidak ada pekerjaan yang dilakukan, dibilang pengusaha belum memiliki usaha yang tetap rutin dikerjakan setiap hari. Kata freelance ini memang saya sematkan sendiri dengan kegiatan sehari-hari saya sekarang ini sebagai seorang blogger, web designer dan internet marketer.

Kalau mau memilih dari ketiga pilihan di atas, sebenarnya ingin memiliki sebuah usaha mandiri yang bisa dikerjakan setiap hari. Semoga suatu saat ini bisa terealisasi...Amiin, untuk saat ini masih memperjuangkan ke arah itu.

BLOGGER, untuk sekarang boleh saja saya dibilang blogger - keseharian saya diisi dengan ngeblog, banyak waktu luang untuk membuat posting di berbagai blog meskipun hanya 2 - 3 blog saya yang aktif saya isi. Saya ngeblog memang sudah lama tapi tidak fokus untuk membuat postingan artikel setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan sekali.

Seiring berjalan karena terlalu banyak waktu kosong, lebih baik saya mencoba untuk membuat artikel lagi yang sekiranya bermanfaat bagi saya sendiri dan juga dapat memberikan manfaat juga bagi orang lain. Dengan tujuan ingin berbagi informasi dan ilmu pengetahuan dengan orang lain.

Hingga saat ini saya masih aktif menulis di blog meskipun tidak sepenuhnya saya original menuliskan artikel sendiri tapi saya dapatkan referensi dari beberapa sumber seperti buku, majalah, situs lain, pendapat, kutipan dan masih banyak lagi.

Saya coba sedikit untuk menganalisa terlebih dahulu sebelum dibuatkan artikel versi saya sendiri, terkadang kalau memang sedang mentok, saya full tuliskan saja postingan dari sumber aslinya dan tetap mencantumkan link sumbernya dari mana.

Menurut saya, seorang blogger harus senantiasa bisa memberikan update posting artikel terkini ataupun informasi-informasi lainnya yang sedang dicari oleh para pengguna yang sedang melakukan pencarian di mesin pencari. Sehingga mereka mendapatkan informasi apa yang sedang dibutuhkan.

DESAINER WEB, awal saya terjun sebagai freelance karena keinginan saya sendiri untuk lebih mendalami dan memahami tentang bidang teknologi informatika. Saya tertarik untuk membuat program meskipun dibilang sebagai proggramer masih belum mumpuni. Setidaknya bisa membuat sebuah aplikasi sederhana.

Ternyata awal menggeluti bukan membuat program tapi mendesain website. Kala itu memang masih sederhana sekali penguasaan hanya sebatas HTML dan CSS saja. Itupun saya sangat bersyukur bisa diberikan kemudahan oleh Sang Pencipta bisa membuat sebuah website yang sederhana.

Tiap hari saya browsing dan baca buku-buku juga untuk menguasai di bidang desain web ini hingga ingin dibilang sendiri sebagai desainer web. Alhamdulillah awal mendapatkan projek pembuatan desain website sekitar bulan Maret 2011. Itupun karena kebutuhan yang mendesak dari pemesan padahal saya sendiri memang belum bisa membuat website yang dinamis, kalau statis sebatas HTML dan CSS bisa langsung dikerjakan.

Ada 6 proses pembuatan desain website yang biasa saya lakukan, diantaranya:
  1. Pendefinisian
  2. Desain
  3. Pengembangan
  4. Pengujian 
  5. Peluncuran
  6. Perawatan
Tahapan-tahapan di atas memang perlu diterapkan supaya website yang dibuat bisa tampil dengan baik di internet dan dapat memuaskan klien yang memesan website tersebut.

Saat ini saya mengerjakan projek website baik itu untuk situs profil perusahaan, situs berita, situs toko online, dan jenis situs lainnya menggunakan open source WordPress sebagai framework dasar untuk membuat website. Desain dan tema dirancang sendiri atau sesuai dengan kebutuhan dari klien itu sendiri.

INTERNET MARKETER, yang ketiga ini mungkin relatif masih baru saya geluti, mencoba untuk lebih memaksimalkan waktu dan belajar lebih tentang pemasaran di internet. Mempromosikan bisnis orang lain melalui situs saya atau situs lainnya.

Ini bisa dikaitkan juga dengan jasa SEO, dimana pekerjaan yang dilakukan adalah mengoptimasi website klien yang mengharapkan peringkat situsnya bisa nongol di halaman satu Google melalui kata kunci yang ditargetkan.

Awal saya terjun sebagai seorang internet marketer, banyak berterima kasih pada Kang Tatang yang telah menyediakan waktu dan tempat untuk memberikan pembelajarannya berkenaan tentang SEO. Dia adalah seorang pakar seo, programmer dan desainer web. Dari beliaulah saya mulai memahami apa itu pemasaran online dan bagaimana menerapkannya.

Pernah ikut juga belajar online bersama Anne Ahira selama 2 bulan saja tidak diperpanjang lagi kelanjutan belajarnya. Alhamdulillah telah mendapatkan dasar-dasar internet marketing dan cara penerapannya yang lebih terperinci.

Dan itu semua saya coba terapkan dengan mendaftar afiliasi pemasaran pada beberap situs yang menyediakan program afiliasi. Beberapa yang saya ikuti seperti ClickBank, Amazon, StudioPress, MyThemeShop, Envato Market, Template Monster dan lainnya.

Awalnya memang menggebu-gebu supaya mendapatkan penghasilan dari link afiliasi, tapi setelah saya telaah kembali niatan awal saya ngeblog adalah berbagi informasi yang bermanfaat bagi orang lain. Itulah yang saya coba terapkan kembali, penghasilan yang didapat saya pasrahkan kembali kepada Maha Pemberi Rezeki, Allah Subhaanahu wata'ala.

Saya ingin selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan informasi kepada audiens di situs saya untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Bukan saya mengharap imbalan dari kunjungan mereka.

Itulah sekilas saya terjun sebagai seorang freelance menggeluti blogging, desain web dan internet marketing. Dan inilah pilihan saya sebagai seorang blogger, desainer web atau internet marketer.

Popular posts from this blog

Apa itu Parfum Laundry

Keuntungan Menggunakan Plafon Gypsum untuk Bangunan atau Rumah

Menulis di Blog Sangat Sulit, Kenapa Ya?