Arti dan Makna Kehidupan


Selama kita masih hidup, ada banyak cerita yang kita lalui atau bahkan sebelum itu terjadi, baik itu cerita senang, sedih, terluka, terkhianati, kesuksesan, dan lain-lain. Setiap orang memiliki jalan kehidupannya masing-masing, tidak akan sama satu sama lain. Sejak dilahirkan, kita sudah memiliki catatan, hidup masing-masing dan itu sudah tertulis di Lauh Mahfudz.

Dan sekarang kita sedang menjalani kehidupan di dunia yang hanya sementara. Sehingga kita harus bisa mengisi hidup kita selama di dunia ini dengan penuh dengan kebaikan.

Berikut ini saya coba berbagi apa sih arti dan makna kehidupan bagi kita sendiri.

Hidup itu Perjuangan

Kita ambil contoh bayi saja, semenjak bayi dilahirkan mulai menangis, menatap dunia baru setelah 9 bulan berada dalam kegelapan di dalam kandungan Ibunya. Semua proses akan dijalani oleh bayi yang berkembang ketika si kecil ingin berjalan.

Dengan susah payah dan pantang menyerah si kecil mulai beranjak duduk; merangkak; mengangkat dirinya dengan bantuan; berjalan dengan bantuan; merambat; berdiri tanpa bantuan; melangkah sendiri pertama kalil; dan akhirnya si bayi kecil bisa berjalan.

Mari kita bayangkan di mana kita sedang merasakan kembali menjadi bayi. Dalam proses kehidupan pun sama, penuh dengan perjuangan yang perlu kita korbankan dalam segala hal. Tetapi akhirnya kita akan merasakan sebenar-benarnya hidup setiap detiknya.

Hidup itu Pilihan

Dalam menjalani hidup ini, kita akan dihadapkan atau harus memilih dua pilihan hidup, jalan yang benar atau jalan yang salah. Pilihan itu tergantung pada diri sendiri yang menentukan, orang lain tidak bisa memaksakan pilihan hidup kita. Sehingga setiap pilihan yang kita pilih memiliki konsekuensi yang akan kita terima ketika menjalaninya.

Jika memilih jalan yang benar, maka akan mendapatkan manfaat yang baik pada diri kita sendiri sedangkan jika memutuskan untuk memilih jalan yang salah maka konsekuensinya kita akan mendapatkan hasil yang tidak baik.

Analogikan dengan contoh sederhana saja, pada saat mengikuti tes ujian akhir. Disitu kita harus benar-benar menentukan pilihan mana yang benar dan mana yang salah. Dan setelah memilih dari pilihan tersebut, kita menunggu hasilnya yang akan menentukan apakah lulus atau tidak?

Hidup itu Anugerah

Betapa bersyukutnya kita dilahirkan di bumi ini. Kita memiliki saudara, teman, sahabat, dan bisa saling berbagi satu sama lain. Kita diberi akal pikiran untuk berpikir, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hidung untuk mencium, tangan untuk menggenggam, kaki untuk berjalan, semua anggota tubuh kita memiliki fungsinya masing-masing.

Semua itu merupakan anugerah dari Allah Subhaanahu wata'ala  dan kita wajib bersyukur apa yang semua telah diberikan Allah kepada kita.

Kita pun dianugerahi sebagai makhluk sosial di mana kita dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi saling bertukar pendapat dalam proses menjalani hidup bersosial, sehingga satu dengan yang lainnya saling membutuhkan.

Kesimpulan

Itulah sedikit wawasan saya tentang kehidupan yang terus berjalan hingga ajal menjemput kita. Setiap hembusan nafas yang keluar, saya selalu ingin menjalani hidup yang penuh diberkahi oleh Allah Subhaanahu wata'ala yang senantiasa selalu bersama kita setiap saat. Masih banyak arti dan makna tentang kehidupan, penjelasan di atas hanya beberapa saja. Semoga kita senantiasa menjadi manusia yang selalu bersyukur dan mendapatkan ridha-Nya. Amiin.

Popular posts from this blog

Apa itu Parfum Laundry

Keuntungan Menggunakan Plafon Gypsum untuk Bangunan atau Rumah

Menulis di Blog Sangat Sulit, Kenapa Ya?